Penanaman Refugia, Langkah Cerdas Membasmi Hama

Jumpong- Dalam dunia pertanian, musuh utama petani adalah hama. Hama adalah hewan yang dapat menyebabkan kerusakan ekosistem alami. Pertanian di desa jumpong akhiir-akhir ini mengalami serangan hama wereng yang menyebabkan penurunan hasil pertanian. Pengendalian hama dalam pertanian tidak selamanya dapat menggunakan pestisida. Karena dalam jangka panjang penggunaan pestisida dapat merusak lingkungan dan keseimbangan ekosistem.

Pengendalian hama secara alami akan berdamapak baik pada lingkungan baik dalam jangka panjang maupun pendek. Pengendalian hama secara alami dapat dilakukan dengan menanam tanaman yang tidak disukai oleh hama. Salah satu tanaman yang memiliki fungsi penarik hama tanaman adalah tanaman refugia. Jenis tanaman yang dikategorikan refugia seperti bunga matahari, kenikie, jengger ayam dan sebagainya. Bunga pada tanaman refugia ini berfungsi sebagia penghasil nectar  yang baunya menarik serangga. Saat tanaman berbunga  inilah terjadi pengendalian hama secara alami.

Dengan mengetahui manfaat dari tanaman refugia, KKN UMD 15 membuat program kerja penanaman refugia yang bekerja sama dengan kelompok tani desa jumpong. Penanaman tanaman refugia dilakukan pada hari minggu (6/8/2017).  Penanaman refugia dilakukan bersama dengan petani-petani jumpong di area persawahan krajan II. Dengan penanaman refugia diharapkan akan meminimalkan pengeluaran untuk pengendalian hama dan menjaga ekosistem lingkungan.

Related posts

Leave a Comment