PELATIHAN JURNALISTIK KEPADA OPERATOR DESA SE KECAMATAN WONOSARI

Rangkaian kegiatan pelatihan Web Desa & SAID yang diberikan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember di Kecamatan Wonosari kepada operator desa se Kecamatan Wonosari menginjak hari ke-2. Materi yang diberikan terkait dengan pembekalan dan pelatihan jurnalisitik sebagai bagian dari program Web Desa & SAID yang diterapkan di berbagai desa di Kecamatan Wonosari. Pelatihan jurnalistik dilaksanakan pada Selasa 8 Agustus 2017, di Kecamatan Wonosari, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi para operator desa dalam mengelola web desa yang berkaitan dengan bidang jurnalistik. Bidang jurnalistik merupakan aspek yang penting dalam menunjang efektifitas Web Desa yang dimiliki oleh setiap Desa karena berkaitan dengan proses pencarian informasi, mengolah informasi menjadi berita, dan proses publikasi terkait dengan informasi tersebut.

Informasi yang diolah dengan baik akan meningkatkan keingintahuan masyarakat untuk terus menggali informasi yang ada pada masing-masing desa.  Jurnalistik hadir untuk mengakomodir kondisi tersebut. Dengan mengemas konsep informasi desa menjadi berita yang baik serta proses publikasi yang sistematis, diharapkan masyarakat memiliki antusiasime yang tinggi dalam mengakses informasi desa melalui web desa masing-masing. Kegiatan pelatihan jurnalistik menjembatani inisiatif desa sebagai penyelenggara pemerintahan dengan kebutuhan akan asupan informasi bagi masyarakat.

Sebagai bentuk implementasi asas keterbukaan informasi bagi masyarakat yang telah diatur dalam undang-undang, kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut membawa dampak positif terhadap kondisi tersebut. Bidang jurnalistik dapat memberikan banyak pengaruh positif terhadap perkembangan desa seperti mengeksplorasi potensi desa, publikasi tentang kondisi terkini desa, transparansi dalam kegiatan pemerintahan dan pengelolaan anggaran desa, serta informasi-informasi penting lainnya.

Pelatihan jurnalistik terdiri beberapa aspek teknik, meliputi aspek pengambilan gambar melalui teknik fotografi, sistematika penulisan berita serta proses publikasi dan tampilan pada web. Melalui kegiatan pelatihan tersebut iharapkan para operator dari setiap desa dapat mengelola web desa dengan baik terutama dalam aspek jurnalistik.

Leave a Comment