Kreasi Olahan Nugget Lele Dari Desa Jumpong

(04/08) Setiap desa memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat desa. Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan perkembangan desa. Potensi desa yang dimiliki oleh desa jumpong terletak pada potensi fisik, yang meliputi pertanian dan air.

Melimpahnya sumber daya air yang dimiliki oleh desa jumpong dimanfaatkan oleh warga sebagai sumber perairan pertanian, pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan peternakan lele. Peternakan lele ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh warga. Hal ini dapat dilihat dari hasil panen lele yang hanya dikonsumsi pribadi. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, ikan lele dapat menghasilkan nilai ekonomis bagi warga. Dengan melihat peluang yang dimiliki oleh desa jumpong, KKN UMD 15 mebuat program kerja “Pelatihan Nugget Lele” yang dilakukan bersama ibu-ibu kader PKK.

Tujuan pembuatan program kerja “Pelatihan Nugget Lele” kepada ibu-ibu kader PKK untuk memberikan informasi pengelolahan ikan lele, yang dapat diaplikasikan sebagai produk desa jumpong untuk meningkatkan perekonomian masyarakat jumpong.

Leave a Comment