Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Dalam Mewujudkan Kemandirian Desa

Masyarakat adalah sekumpulan orang yang tinggal secara tetap pada suatu tempat. Dalam praktek kehidupan sosial masyarakat dituntut untuk berinteraksi dengan sesama untuk mencapai kehidupan yang lebih baik lagi. Dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik, dibentuklah suatu lembaga masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pedoman bagi masyarakat, bagaimana bertingkah laku dan bersikap harus menghadapi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, menjaga kebutuhan masyarakat dan memberikan pegangan kepada masyarakat dalam mengadakan sistem pengendalian sosial.

Lembaga Kemasyarakatan terdiri dari berbagai wadah organisasional yang memiliki tujuan dan kewenangan masing-masing dalam mengatur kegiatan baik dalam aspek pemerintahan, sosial, kesehatan, perekonomian dan aspek-aspek lain di Desa. Secara umum lembaga kemasyarakatan dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis antara lain rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Lembaga Adat Desa, Karang Taruna dan berbagai lembaga kemasyarakatan lain yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan kondisi desa.

Desa Jumpong sebagai salah satu pelaksana penyelenggara pemerintahan dalam tingkatan terendah yaitu desa memiliki tanggung jawab terkait dengan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan yang ada. Lembaga pemasyarakatan didesa jumpong, kecamatan wonosari memberikan penyuluhan kepada warga dengan tema peningkatan kapasitas lembaga masyarakat. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) sebagai perwakilan legislatif dalam skala Desa. Turut juga hadir perangkat-perangkat desa yang berpatisipasi dalam kegiatan tersebut. Kehadiran BPD dan Perangkat Desa berdampak positif terhadap efektifitas sosialisasi tersebut.

Dalam penyuluhan ini, pemerintah desa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu berinteraksi satu sama lain, interaksi yang dilakukan adalah terkait dengan upaya konsolidasi antar lembaga-lembaga di desa untuk saling berintegarasi satu sama lain. Upaya yang sinergis antar lembaga akan mewujudkan satu keatuan terkait dengan lembaga kemasyarakatan Desa dan berimplikasi pada kondusifitas Desa.

Disisi lain, sosialisasi tersebut berupaya untuk saling mendukung satu sama lain untuk mewujudkan kemandirian Desa . Kemandirian desa dapat dicapai apabila semua komponen kelembagaan di desa saling bersinergi dalam mencapai tujuan bersama. Kemandirian desa dapat dicapai apabila lembaga-lembaga kemasyarakatan desa memiliki kapabilitas dan kapasitas yang mempuni. Maka dari itu kegiatan sosialisasi Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa yang diselenggarakan di Desa Jumpong diharapkan mampu  meningkatkan sinergitas Lembaga kemsyarakatan Desa agar mampu bersikap konsolidatif dan berimplikasi positif terhadap kapabilitas dan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa yang pada akhirnya akan berdampak pada meningkatnya kualitas serta kondusifitas desa Jumpong.

Related posts

Leave a Comment