Kegiatan Mengajar Kitab Sulam Safinah Di Madrasah Diniyah Desa Jumpong

Madrasah adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang penting di Indonesia selain pesantren. Keberadaannya begitu penting dalam menciptakan kader-kader bangsa yang berwawasan keislaman dan berjiwa nasionalisme yang tinggi. Salah satu kelebihan yang dimiliki madrasah adalah adanya integrasi ilmu umum dan ilmu agama (Arief Subhan; 2005). Keberadaan madrasah ikut andil dalam melahirkan penerus bangsa yang berintegritas, jujur dan amanah.

Melihat besarnya andil madrasah dalam kelangsungan negara, KKN UMD 15  membuat progran kerja dalam bidang pendidikan, dengan mengajarkan kitab Sulam Safinah.  Kitab Sulam Safinah adalah salah satu kitab yang mengajarkan  tentang aqidah dan fiqih. Pada (11/1) KKN UMD 15 memberikan Pengajaran pada madrash diniyah tentang pentingnya dan manfaat basmalah dalam kehidupan sehari-hari.

Selain menerangkan pentingnya dan manfaat basamalah, KKN UMD 15 juga mengajak adik-adik untuk mempraktekkan bagaimana pelafadzan basmalah dan al-fatihah yang baik dan benar agar tidak merusak arti dari keduanya. Dari program kerja KKN UMD 15 dalam bidang pendidikan di madrasah diniyah diharapkan adik-adik dapat menerapakan apa yang sudah diajarkan, yakni selalu membaca basmalah dalam mengawali sesuatu yang baik dan mampu mengerti.

 

 

Leave a Comment